Depok Smartcity

#Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera

Smartcity

Smart City atau Kota Cerdas adalah kota yang mengelola semua potensi sumber daya secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan tantangan dan memenuhi berbagai kebutuhan, melalui manajemen inovasi yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Smart Environment

Smart Environment atau lingkungan hidup yang cerdas bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya alam dan pemeliharaan lingkungan yang meliputi perlindungan lingkungan, tata kelola sampah dan limbah, serta pemanfaatan energi yang berkelanjutan.

Penerapan lingkungan hidup yang cerdas (Smart Environment) antara lain :

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber air bersih,
  2. Meningkatkan kolaborasi pemerintah dan Masyarakat dalam perbaikan tata kelola air dengan pemanfaatan air ramah lingkungan,
  3. Melakukan perbaikan sistem pengelolaan sampah dan limbah dari hulu ke hilir yang melibatkan peran aktif semua pihak dengan didukung pemanfaatan teknologi ramah lingkungan,
  4. Mengendalikan pencemaran lingkungan dengan meningkatkan kesadaran dan peran aktif Masyarakat dalam penegakkan aturan dan pengelolaan lingkungan,
  5. Menyediakan dan menata ruang terbuka hijau dan taman,
  6. Merevitalisasi lingkungan sehingga memiliki dampak yang positif bagi Masyarakat, dan
  7. Mendorong penggunaan dan penghematan energi yang ramah lingkungan.

Smart Society

Smart Society atau masyarakat yang cerdas bertujuan untuk mewujudkan partisipasi Masyarakat melalui pemberdayaan interaksi Masyarakat, pembangunan sistem pembelajaran, dan implementasi manajemen keamanan dan keselamatan.

Penerapan masyarakat yang cerdas (Smart Society) antara lain :

  1. Membangun ruang kreatif bersama sebagai sarana berjejaring, pelatihan, dan inkubasi,
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan sekolah formal dan nonformal maupun pendidikan berbasis Masyarakat,
  3. Mewujudkan peningkatan kualitas lulusan sekolah kejuruan dan perguruan tinggi agar dapat memenuhi kebutuhan lapangan kerja,
  4. Memfasilitasi penyediaan jejaring lapangan pekerjaan antara penyedia lapangan kerja dengan pencari kerja,
  5. Meningkatkan kapasitas dan produktivitas pencari kerja dengan menyediakan Lembaga Pelatihan Kerja yang dilengkapi dengan sistem monitoring dan evaluasi,
  6. Melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam meningkatkan literasi dan mengembangkan budaya gemar membaca,
  7. Membangun sistem pendukung dan jejaring pelaporan kasus Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) secara berjenjang,
  8. Meningkatkan kesadaran dan kemandirian Masyarakat dalam pencegahan dan penanganan bencana,
  9. Meningkatkan kesadaran dan kemandirian Masyarakat dalam upaya perlindungan Masyarakat,
  10. Meningkatkan kualitas perlindungan anak dan keluarga melalui pengembangan RW Ramah Anak dan penguatan ketahanan keluarga, dan
  11. Menciptakan iklim yang kondusif antar umat beragama.

Smart Living

Smart Living atau kehidupan cerdas bertujuan untuk mewujudkan harmonisasi lingkungan, penjaminan fasilitas dan pelayanan kesehatan, pembangunan transportasi dan logistik, serta kenyamanan dan keamanan Daerah Kota.

Penerapan kehidupan cerdas (Smart Living) antara lain :

  1. Menyediakan fasilitas umum berbasis teknologi untuk mendukung keamanan dan kenyamanan Daerah Kota,
  2. Melakukan pemerataan sebaran dan peningkatan fasilitas ruang publik yang ramah anak, lansia, keluarga, dan penyandang disabilitas,
  3. Melibatkan Masyarakat dalam pengelolaan dan peningkatan nilai tambah pemanfaatan ruang publik dengan aktifitas warga yang positif dan produktif,
  4. Menyediakan sistem dan sarana prasarana transportasi publik ramah anak, lansia, keluarga, dan penyandang disabilitas yang aman, nyaman, terjangkau dan terintegrasi dalam menunjang mobilitas Masyarakat,
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, sarana dan prasarana layanan kesehatan, serta penyelengggaraan sistem jaminan kesehatan,
  6. Menyediakan dan mengembangkan fasilitas akses air minum, sanitasi, dan pemukiman layak huni,
  7. Meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam gerakan masyarakat hidup sehat yang mendukung perilaku hidup bersih dan sehat, perlindungan anak dan perempuan, serta menjaga ketertiban umum dan keamanan,
  8. Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui budaya olahraga dengan penyediaan, pengelolaan, dan pengembangan fasilitas olahraga publik serta penyelenggaraan even olahraga, dan
  9. Menjamin kebebasan dan kenyamanan dalam beribadah.

Smart Economy

Smart Economy atau ekonomi cerdas bertujuan untuk meningkatkan penataan industri primer, sekunder, dan tersier untuk peningkatan kesejahteraan Masyarakat dan membangun ekosistem keuangan.

Penerapan ekonomi cerdas (Smart Economy) antara lain :

  1. Membangun industri ekonomi kreatif dengan menciptakan iklim kondusif yang mendukung berkembangnya wirausaha baru antara lain dengan menyusun rencana induk industri kreatif,
  2. Meningkatkan inovasi, akses, daya saing, dan jejaring koperasi dan usaha mikro,
  3. Memperluas pemanfaatan perdagangan elektronik (e-commerce) yang mendukung berkembangnya iklim kewirausahaan di Daerah Kota,
  4. Mengembangkan potensi pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat yang terdapat di wilayah Daerah Kota, dan
  5. Menata pengelolaan pasar tradisional dan pasar modern berbasis data dan teknologi informasi yang memudahkan pembeli dan penjual untuk memperoleh informasi dan bertransaksi.

Smart Branding

Smart Branding atau pencitraan daerah kota yang cerdas bertujuan untuk membangun daya saing usaha, kepastian berusaha, ekosistem pariwisata, dan penataan wajah Daerah Kota.

Penerapan pencitraan daerah kota yang cerdas (Smart Branding) antara lain :

  1. Menciptakan identitas wajah Daerah Kota yang menonjolkan nilai arsitektur yang mencerminkan nilai-nilai daerah dan mengikuti dinamika modernisasi yang menginginkan sebuah tata ruang dan tata wilayah kota yang indah, bersih, rapi, dan membanggakan dengan kualitas arsitektur berkelas internasional,
  2. Membangun dan mengembangkan etalase kota pada pusat kota dan setiap sub pusat kota,
  3. Menciptakan identitas Sumber Daya Manusia yang unggul, kreatif, berjiwa wirausaha, dan cinta lingkungan,
  4. Menciptakan identitas bisnis dengan membuat iklim bisnis yang kondusif bagi pelaku bisnis untuk memajukan perekonomian daerah dalam bidang perdagangan, meningkatkan investasi daerah, dan mendorong pertumbuhan industri kreatif,
  5. Menciptakan identitas pariwisata dengan memajukan potensi wisata daerah baik dalam hal lokasi ataupun tujuan wisata, suasana dan lingkungan yang nyaman, serta meningkatkan budaya keramahtamahan, melayani, dan menghibur,
  6. Menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan promosi secara berkelanjutan dengan memanfaatkan internet dan media sosial, dan
  7. Menguatkan kerjasama pemerintah daerah dengan media cetak dan media elektronik.